Wisuda Ke 88 Dan Pengukuhan Guru Besar UNTAD

Setelah serangkaian acara Dies Natalies Untad ke 36, tibalah acara pada puncak nya yang di selenggarakan pada Rabu (16/08)Pagi bersamaan dengan acara Wisuda ke 88 serta Pengukuhan dua Guru Besar yang bertempat di Auditorium Baru Universitas Tadulako.

Dalam sambutannya, Rektor Untad menuturkan tentang betapa spesial nya moment kali ini karena selain acara Wisuda ke 88, kegiatan pun turut di rangkaikan dengan dua acara yakni Pengukuhan dua Guru Besar dan Puncak Acara Dies Natalies 36 Untad. Dua Guru Besar yang di kukuhkan yaitu Prof. Dr. Ir. Max Nur Alam, M.S asal Fakultas Pertanian dan Prof. Dr. Ir. I Wayan Sutapa, M.Eng asal Fakultas Teknik Untad. Sedangkan untuk jumlah Mahasiswa Untad yang di Wisuda sebanyak 1.513 orang yang telah resmi menjadi alumni Untad Tingkat S1 dan S2. Jumlah Wisudawan tersebut menjadi Jumlah terbanyak sepanjang sejarah Universitas Tadulako. Read More

Dies Natalies Universitas Tadulako Ke 36 “Satu Untad, Satu Nafas, Satu Keluarga”.

Merayakan hari jadi Universitas Tadulako yang ke 36, Pekan Akademik Dies Natalies Untad yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (12-13/08/2017) pagi di Auditorium dan Lapangan Untad berlangsung meriah. Berbagai kegiatan dan perlombaan pada acara Pekan Akademik meliputi pertandingan Olahraga seperti Olahraga Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Lari Karung dan Tarik Tambang. Selain itu, kegiatan Pekan Akademik di bidang seni meliputi Lomba Menyanyi Dangdut, Lomba Senam Maumere dan Lomba Foto Wajah Universitas Tadulako ke 36 Tahun. Dalam sambutannya di acara Jalan Santai Keluarga Besar Untad Pada Minggu Pagi, Rektor Untad, Prof. Muhammad Basir Chiyo menuturkan rasa bahagia dan terima kasih nya kepada Panitia Dies Natalies yang telah menyelenggarakan acara Pekan Akademik Dies Natalies ke 36 dengan baik dan maksimal.  Read More

Workshop RPS Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2017

Foto Kegiatan Workshop RPS Program Studi Pendidikan Bhasa Inggris

Pada hari Rabu dan Kamis (12-13 Juli 2017) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan kegiatan Workshop RPS 2017 yang bertempat di Gedung Languange Centre Universitas Tadulako yang dimulai pukul 09.00-17.00 WITA. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh semua Tenaga Pendidik (Dosen) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pokok bahasan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mencakup penjelasan tentang bagaimana menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sesuai dengan profil Program Studi yang bertujuan untuk melahirkan lulusan pendidik  yang lebih baik sesuai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah dirancang. Dalam kegiatan ini Nadrun, S.Pd., M.Pd., M.Ed menjelaskan bahwa RPS ini juga merupakan tugas utama bagi dosen dalam mata kuliah yang diajarkannya. Beliau juga menjelaskan bahwa RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi. RPS disusun menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diperbarui dengan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  (WNN)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MENGADAKAN WORKSHOP BERDASARKAN KKNI

Foto Kegiatan Workshop Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

UNTAD – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adakan Workshop pengembangan kurikulum berorientasi KKNI. workshop yang dilaksanakan pada Senin s.d Selasa, 10-11 Juli 2017 ini bertujuan untuk menyamakan presepsi, dalam menyusun RPS dan instrumen Penilaian Tenaga Pengajar yang berstandar pada KKNI.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang UPT. Pusat Bahasa (Languange Centre) Universitas Tadulako mulai dari pukul 09:00 s.d 17:00 WITA. Pada Kegiatan ini Dr. Amiruddin Kade, M.Si menejelaskan bahwa Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), dan matrik bahan kajian sebaiknya disusun/disepakati bersama Asosiasi Program Studi sejenis. Oleh karena itu, jika prodi telah menyusun dan menyepakai profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL) bersama asosiasi prodi, maka gunakan rumusan tersebut dengan beberapa tambahan jika diperlukan. Jika prodi belum menyusun dan menyepakai profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL) bersama asosiasi prodi, maka prodi menyusun sendiri dengan mengacu kepada KKNI, SNPT, SNPG, atau standar profesi atau rujukan lainnya. Dalam penyempurnaan kurikulum kali ini, disediakan format (dokumen kerja) yang dapat digunakan sebagai acuan kerja supaya lebih terarah dan menghasilkan produk dokumen kurikulum secara efektif dan efisien. (WNN)