Program Kemasyarakatan berbasis Bakti Lingkungan atau di sebut dengan lanjutan PPLT bagi mahasiswa Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016-2017 adalah kegiatan pengganti KKN yang dilaksanakan selama 1 bulan yang di mulai dari tanggal 4 Desember s/d 31 Desember 2016. Sebelum melaksanakan Bakti Lingkungan para mahasiswa yang memprogramkan Bakti Lingkungan terlebih dahulu diberikan arahan atau pembekalan. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa yang akan melaksanakan bakti lingkungan dapat mengetahui tujuan dan hal-hal apa saja yang akan mereka lakukan di lapangan nantinya. Program kerja bakti lingkungan terdiri dari penataan dan pembersihan lingkungan wilayah FKIP sendiri. Pelaksanaan Kegiatan Kemasyarakatan berbasis Bakti Lingkungan dilaksanakan dalam seminggu selama satu bulan.

20161211_110254

Keterangan Foto: Zainal – Salah satu Mahasiswa Program Kemasyarakatan FKIP ketika di temui saat melaksanakan program kebersihan di sekitar Poskonya. (oleh : Wirdana Nawir Nandi)

“saya adalah salah satu mahasiswa Kegiatan Kemasyarakatan berbasis Bakti Lingkungan yang ber-Posko di ruang PPG yang berada di belakang Prodi PGSD. kami dalam setiap posko dibagi menjadi beberapa kelompok yang Heterogen yang tersebar ke prodi-prodi di seluruh FKIP dan setiap kelompok terdiri dari 9 s.d 10 orang mahasiswa. Dalam setiap posko bukan hanya mahasiswa di prodinya saja yanga ada didalamnya tapi ada juga mahasiswa dari prodi-prodi lainnya sehingga kita bisa mengenal satu sama lain.” jawab Zainal ketika ditemui di lokasi Bakti Lingkungannya [Senin, 05 Desember 2016 pukul 14.20 WITA].

Penarikan akan dilaksanakan antara tgl 29 atau tgl 31 Desember 2016, sebelum bakti lingkungan selesai semua program harus selesai tepat pada waktunya sesuai dengan target capaian yang telah di lokakaryakan. Menurut berbagai mahasiswa, Banyak suka dan duka yang dialami oleh mahasiswa saat melaksanakan program bakti lingkungan namun mereka tetap antusias melakukan dan menyelesaikan program mereka demi terciptanya lingkungan yang bersih, indah dan sehat di FKIP ini. 

Penulis : Wirdana Nawir Nandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *