Dalam rangka menambah wawasan mahasiswa dan dosen, tentang pentingnya soft skill dan pengembangan karakter, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universits Tadulako (Untad), gelar kuliah tamu dengan menghadirkan, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag. sebagai pemateri.

Kuliah tamu yang diadakan pada 8 desember 2016 di Teater room Media Centre ini dihadiri sekitar 450 orang peserta. Diantaranya mahasiswa dan dosen dalam lingkup prodi bahasa Inggris. Tema yang diangkat pun cukup menarik bagi peserta, “Soft Skill & Character Building Entered The Asean Economic Community.”

3-kuliah-tamu-bahasa-inggris

Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag (Rektor IAIN Palu) saat menjelaskan tentang character building kepada peserta kuliah tamu II Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Foto: Andi Siti Hajar)

Dalam bahasannya, Prof Zain, begitu sapaan akrabnya, menjelaskan, bahwa Character Building pada dasarnya merupakan pondasi utama dalam membangun softskill. Oleh karena itu, lembaga pendidikan seyogyanya tidak hanya mentrasnfer Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan keterampilan (hardskill), tetapi juga membangun karakter (character building) yang mengarah kepada pembentukan softskill.

Character Building akan menghasilakn pribadi yang berkarakter positif. Hal tersebut tidak bias dibangun secara instan, tetapi membutuhkan proses yang panjang dan continue. Keterkibatan keluarga, lembaga pendidikan dan lingkungan social sangat menentukan dalam proses pembentukannya”, ujar Rektor IAIN tersebut.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan (Wadek Biduk), Dr. Jusman, M.Si. Ia mengapresisasi langkah kordinator Prodi Bhs. Inggris selaku ketua pelaksana kegiatan ini. “Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan, sebagai bentuk perhatian kita terhadap mahasiswa maupun dosen. Dan juga suatu kehormatan bagi Untad atas kehadiran dan kesediaan Prof Zain, untuk membagikan ilmunya sehingga menjadi pemicu bagi kita semua agar lebih memperhatikan tentang pentingnya pembangunan karakter dan skill”, tanggap salah satu dosen prodi Fisika ini.

Selain itu, Hj. Hastini, S.Pd., M.A selaku ketua pelaksana, berharap mahasiswa maupun dosen yang telah mengikuti kuliah tamu ini dapat menerapkan ilmu maupun pengalaman yang telah disampaikan oleh pemateri. “Khususnya kepada mahasiswa, Saya selaku Kordinator Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui kegiatan ini, berharap agar mahasiswa bisa lebih siap menghadapi dunia luar setelah selesai di kampus. Kemudian karakter dan soft skil sudah tertanam dalam diri mereka”, jelasnya. Ash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *